Kamis, 30 April 2020

Kiat - kiat Menulis


KIAT-KIAT MENULIS 


Bagian 1 : Tentang Narasumber 

Nama
:
Dr. Uswadin, M.Pd.
Tempat Tanggal Lahir
:
Brebes, 15 Maret 1968
Pendidikan
:
S3 UNJ
Jabatan
  
           
:
Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran.
:
Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019
:
Pengembang Labschool UNJ
Status
:
Menikah dikarunia 2 anak
Tempat Tinggal
:
Matraman Jakarta Timur
Email
:
dinuswa15@gmail.com
Motto
:
Bermanfaatlah untuk sesama



Bagian 2 : Materi

Materi pelatihan pada hari ini adalah tentang Menulis. Inti dari menulis adalah belajar menulis terus menerus kemudian membuat evaluasi.  Belajar dan terus belajar menulis setiap hari. Menulis bisa mudah dan bisa sulit tergantung pada kiat-kiatnya.

Kiat-kiat menulis:
1.         Mengalahkan diri sendiri  yaitu mengatasi kemalasan yang ada dalam diri kita.
2.         Mengatasi ketidak percayaan atau merasa tulisan tidak bagus , tidak berbobot dan merasa tulisan tidak bermakna
3.         Menyiapkan waktu
4.         Memanfaatkan ide yang ada yang munculnya tidak tentu kapan munculnya. Caranya dengan menulis di HP atau kertas pointer pointer utama karena menulis dimulai dari sebuah ide.
5.         Memulai menulis tanpa menunggu sempurna. Tulisan yang baik adalah karya yang sudah selesai.

Tulisan yg telah kita buat bisa dibagikan ke publik melalui blog atau media sosial yang lain seperti fb atau media cetak atau online. Ada kebanggaan tersendiri jika tulisan kita dapat dimuat apalagi di surat kabar yg sudah populer atau berskala nasional. Tulisan yang di upload di blog sendiri juga bisa menjadi media informasi kita. Kalau kita terbiasa menulis maka kita pun bisa tingkatkan menjadi sebuah buku atau bisa buku pelajaran yang diampu. Sebagai guru. kita sering menyampaikan materi setiap hari, jadi akan mudah dituliskan dalam buku. Pengalaman-pengalaman dan tulisan-tulisan yang kita simpan dalam blog bisa dikumpulkan dan juga bisa menjadi sebuah buku. Dengan menulis kadang-kadang ide-ide baru muncul dan tidak hanya tulisan kita pun juga bisa menulis syair lagu yang bisa menjadi sebuah lagu jika dinyanyikan.

Tulisan bisa layak terbit tergantung seberapa sering kita menulis. Kualitas waktu yang kita luangkan untuk menulis merupakan sebuah investasi untuk tulisan tersebut menjadi sebuah karya.  Setiap orang punya kecepatan yang berbeda beda. Ada yang 1 tahun bisa menjadi 1 buku, ada yang juga bisa 2 buku. Dan itu sangat bergantung pada diri sendiri. Referensi dari orang lain sangat bagus untuk dibaca-baca supaya kita tahu bagaimana cara menulis artikel, atau buku atau best practice.


Bagian 3 : Refleksi

Menulis adalah gaya hidup, bukan hanya sebuah tuntutan profesi. Melalui tulisan kita bisa memberi dampak kepada orang lain : mempengaruhi pikiran, memberikan ide atau gagasan yang baru atau juga menyampaikan informasi penting yang bisa dibaca berulang-ulang. Menulis juga membutuh kan ketekunan dan waktu untuk membuat tulisan menjadi sempurna.

Jangan pernah berhenti menulis. Biarkan tulisanmu berdampak positif bagi orang lain. Jangan jadi penulis jika tulisanmu berdampak negatif bagi orang lain.  Sekecil apapun goresan tanganmu saat menulis, jadikan itu menjadi berkat bagi orang yang membacanya.

Sebagai guru di sekolah, sangat penting mengajarkan murid-murid kita untuk menulis. Setiap hari ijinkan mereka menulis apa yang ada di hati dan pikiran mereka, apa yang mereka alami, apa yang mereka rasakan. Ini akan menjadi latihan yang baik bagi mereka untuk menuangkan pemikiran-pemikiran mereka.

Mari kita belajar menulis dan juga melatih murid-murid kita juga jadi penulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar