Sabtu, 02 Mei 2020

Personal Branding untuk Menembus Penerbit Nasional


PERSONAL BRANDING 

UNTUK MENEMBUS PENERBIT NASIONAL



Tentang Narasumber
Narasumber pada siang hari ini adalah Bapak Amir Faisal. Beliau adalah Seorang Trainer sekaligus motivator nasional yang sudah terkenal di Indonesia. Buku-buku yang beliau tulis juga cukup banyak. Kita bisa membacanya di blog https://www.spiritualquantum.com/about/. Beliau adalah penulis walaupun latar belakangnya adalah bukan dari pendidikan dan juga bukan seorang penulis sebelumnya. Beliau pernah bekerja di sebagai seorang pprofesional marketing di sebuah perusahaan, sebelum menjadi pelaku bisnis yaitu  pengusaha UKM dan kemudian menekuni sebagai konsultan. Untuk membuat orang lain percaya bahwa beliau mampu menjadi seorang konsultan, dan bahkan seorang penulis.  Pada kesempatan awal beliau menjadi pembicara motivator bagi anak-anak yang akan mengikuti ujian nasional, dan akhirnya melahirkan buku pertamanya yaitu  “Menyiapkan Anak Menjadi Juara”. Buku ini menjadi best seller demikian juga dengan bukunya yang kedua “Think Like A Millionere”.

Manfaat Menulis
Menulis dapat bermanfaat bagi penulis yaitu meningkatkan personal branding.  Personal Bandring bisa juga dikatakan sebagai nilai jual diri kita. Personal Branding sangat penting untuk dimiliki oleh penulis, jika ingin menerbitkan bukunya ke penerbit-penerbit besar dan berskala nasional, misalnya Gramedia. Perlu diketahui bahwa penerbit itu juga merupakan ladang bisnis, orientasinya pada bisnis sehingga penerbit juga berharap tulisan kita atau buku kita memberi keuntungan pada bisnis mereka juga.

Sebagai penulis, kita perlu tahu beberapa hal penting sehingga buku kita menjadi laris terjual:
1. buku apa yang disukai oleh pasar. Untuk mengetahui hal ini kita bisa melaksanakan survei menggunakan kuesioner, atau observasi di toko buku terkait buku-buku yang laris dibeli.  
2.   apa genre kita. Dalam bahasa umumnya adalah apa yang menjadi passion kita dalam menulis, atau bidang apa yang memang akan kita geluti.

Menurut survei, buku yang paling laris yang pertama adalah  novel, yang kedua tentang  travelling, yang ketiga adalah Komik, yang keempat tentang motivasi dan yang lain adlaah marketing. Untuk komik kita bisa mencari partner yang bisa menggambar komik sebagai ilustrator.

Refleksi
Saya baru menyadari pentingnya membangun personal branding. Langkah-langkah kecil yang saya jalani dari menulis artikel-artikel, mengikuti lomba dan menjadikan media sosial sebagai tempat branding sekolah, sebenarnya juga dapat membangun personal branding.

Ada sebuah peribahasa, setia dalam perkara kecil, maka kita akan dipercaya hal yang besar. Saya sangat percaya ketika saya menuliskan hal-hal kecil di berbagai media, suatu saat saya akan mampu mencapai impian saya untuk menjadi penulis buku dan memenangkan berbagai lomba terkait dengan menulis, bahkan juga bisa menjadi pembicara di berbagai kesempatan. Langkah awal saya adalah setia menulis setiap hari dan posting tulisan, kirim ke berbagai media, dan lakukan dengan setia.

Impian besar bisa tercapai saat kita memulai dengan langkah-langkah kecil kita. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar