Selasa, 28 April 2020

Pelatihan Belajar Menulis


Resume Pertemuan I : Belajar Menulis Online

Sudah 1 bulan saya mengikuti anjuran pemerintah yaitu bekerja dari rumah atau bahasa kerennya Work From Home (WFH). Setiap pagi saya mulai dengan presensi online. Saya buka FB untuk memposting kegiatan sekolahku, dan setelah selesai aku melihat-lihat isi FB ku. Ada sesuatu yang menarik yaitu sebuah poster tentang pelatihan menulis dan gratis pula. Akhirnya aku mulai buka dan share ke rekan yang lain. aku sendiri mulai mendaftar. Tujuan saya mengikuti kegiatan ini adalah untuk pengembangan diri bahkan bisa pengembangan profesi. 

Pelatihan pertama saya pada tanggal 27 April 2020 melalui zoom cloud meeting. Pembicaranya adalah Bapak dr. Onno W. Purbo dari pukul 13.00 - 15.20.

Bagian 1 : Tentang dr. Onno W. Purbo
Bapak Onno Widodo Purbo dilahirkan di Bandung Jawa Barat, 17 Agustus 1962. Umur beliau 57 tahun. Beliau adalah seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia, selain pakar bapak Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik dan pembicara di Seminar. Beliau juga sebagai Aktivis yang dikenal dalam upaya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah wajanbolic sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT /RW- Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan Internet murah, serta penerapan Open BTS. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan teknik elektro tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi, media, seminar, konferensi nasional maupun internasional dan percaya filosofi copyleft (sumber terbuka), banyak tulisannya dipublikasikan di Internet secara gratis. Sebagai pakar Teknologi Onno hanya menggunakan netbook dan telpon seluler Android merek lokal. Pada tahun 2013 ia bergabung sebagai Dosen di Surya University. Universitas ini didirikan oleh fisikawan Prof Yohanes Surya Ph.D.

Bagian 2 : Materi Pelatihan

1.     Persiapan
a.     Berawal dari membaca
Orang yang suka menulis pasti berawal dari suka membaca. Bacalah sebanyak mungkin buku. Apa saja bisa dibaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
b.     Rumus 5W + 1 H
Mulai dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas untuk mengembangkan suatu ide atau gagasan.
2.     Mencari Topik
a.     Memilih topik
Tentukan topik yang menarik bagi kita atau topik yang sedang hangat dibicarakan.
b.     Mencari tahu keinginan pembaca
Topik juga bisa ditemukan dengan cara mencari tahu keinginan pembaca, dengan cara membaca berita berita yang ada, berita atau isu di media sosial yang sedang berkembang atau bahkan kejadian di masyarakat yang sednag fenomena.
c.     Mencari tahu minat pembaca
Minat pembaca juga bisa kita dapatkan dari orolan sehari-hari lewat WAG atau FB atau twitter dan lain-lain.
3.     Kebiasaan Mencatat
a.     Mencatat di Wiki
Pak Onno memiliki kebiasaan mencatat di Wiki sejak mulai kuliah. Sekecil apapun didokumentasikan di wiki sehingga kumpulan hal-hal sederhana ini bisa menjadi bahan buat menulis. Mulai dipikirkan bagaimana kita bisa mencatat hal-hal kecil dan sederhana tetapi rutin kita bisa tulis.
b.     Hidup sebagai penulis
Hidup sebagai penulis artinya menulis menjadi bagian hidup kita. Kita perlu menyediakan waktu buat menulis setiap hari. Menulis menjadi makanan sehari hari.
c.     Tehnik menulis artikel
Kebiasaan mencatat menjadi sebuah cara untuk kita menulis sebuah artikel. Langkah kecil untuk membuat langkah besar.
d.     Hidup berkiprah sebagai penulis
Lakukan terus menulis, menulis dan menulis.

BERBAGAI JENIS TULISAN
Ada berbagai jenis tulisan yaitu : ilmiah/riset, berita, buku teks, jurnal, paper, dan yang lainnya. Tehnik dan strukturnya berbeda-beda. Beliau membagikan beberapa link di youtube. Juga dishare cara mencari referensi menggunakan Google Scholar. 

MENERBITKAN
Naskah yang sudah selesai dapat dipersiapkan untuk diterbitkan dengan penerbit yang kita bisa ajak kerjasamanya. Setiap penerbit memiliki kekhasannya masing-masing. Penerbit Andi masih mau bantu layout, tapi Elex Komputindo sudah memiliki tamplate sendiri. Jika mau murah, kertas dibuat lebih tipis dan halaman tidak terlalu banyak. Setiap ganti cetakan, bisa minta ganti ISBN ke penerbit. Ilustrasi bisa dibuatkan oleh penerbit atau bisa buat sendiri. Dan kita bisa menggunakan gambar-gambar yang free.

Naskah yang perlu disiapkan:
1.     Halaman Judul
2.     Kata Pengantar
3.     Daftar Isi
4.     Materi lengkap
5.     Tentang Penulis : berisi cerita singkat tentang profil penulis.
6.    Daftar Pustaka : sekecil apapun kita mengambil artikel dari orang lain harus ditulis di daftar pustakanya.
7.  Sinopsis : berisi tentang isi buku tersebut dan ditonjolkan bagian yang dihighlight sehingga pembaca sekilas membaca buku tersebut mengetahu isinya dan tertarik untuk membeli. 

Hati-hati dengan plagiasi. Jika mau mengambil tulisan orang lain sebaiknya ditulis ulang atau diparafrase. Untuk jurnal yang mau diterbitkan di luar negeri, daftar pustaka harus dari sumber buku-buku atau jurnal berbahasa Inggris. 

Bagian 3 : Refleksi dan Pesan Kesan
Selama mengikuti pelatihan saya sangat terkesan dan juga merasa malu karena saya sangat tertinggal jauh dan ternyata GAPTEK dengan IT, sementara Pak Onno luar biasa menguasai IT meskipun pakai Linux. Banyak karya yang beliau sudah ukir dan semua luar biasa. Kemampuan Bahasa Inggris beliau juga sangat bagus. Dan itu mendorong saya untuk mau belajar lebih lagi, meskipun tidak bisa cepat seperti yang lain. 

Kebiasaan mencatat yang Bapak Onno lakukan di Wikipedia sungguh luar biasa dan sangat menginspirasi. Saya jauh tertinggal. Kesetiaan beliau untuk mencatat sangat mengagumkan. Saya perlu mencontoh hal ini. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya sendiri juga bagi yang membaca. Mari tuliskan apa yang kita alami, kita tahu, kita pikirkan, kita rindukan, kita lihat, kita dengar, dll. Yang penting selalu tulis hal yang berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain. 

Selamat bekerja dari rumah / WFH dan terus kembangkan potensi dirimu. 








7 komentar:

  1. Tambahi uji similarity .. Ada beberapa bagian terlalu singkat .. quietly nice .. reader more information that you alreadt wrote for their knowledge .. so far so good .. well done

    BalasHapus
  2. Wahh iki kerenn. Dibuat konsisten bu

    BalasHapus
  3. Wahh iki kerenn. Dibuat konsisten bu

    BalasHapus
  4. Bagus bu...baru sempat berkunjung...teruslah menginspirasi...🤗🤗

    BalasHapus