Jumat, 22 Mei 2020

TV Pendidikan

Siang ini kita akan mendapatkan materi baru tentang membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi di HP. Materi ini akan disampaikan oleh Prof Deni Darmawan. Beliau Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat. Adapun yang menjadi moderatornya adalah ibu Fatimah dari Aceh, dan mohon kawan kawan yang mau bertanya, bisa berkomunikasi dengan ibu Fatimah di wa beliau di @+62 813-6034-7555

Berita di https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01373128/tvupi-mengudara-masyarakat-bisa-bersiaran-langsung-dengan-gawai-sendiri  


Materi

Mengembangkan program TV di bidang pendidikan  secara mobile personal melalui teknologi digital akses : website humas.upi.edu, ada aplikasi kamera jurnalis untuk memproduksi recording lives. Aplikasinya : Wowza Gocoder  Bisa diinstal bisa dipake melalui kamera depan atau belakang. Bisa download playstore. Ataupun Ios dengan HP berbasis apple.

Langkah-langkah Set up TVUPI

Langkah Ke-1

Langkah Ke-2

Langkah Ke-3

Langkah Ke-4

Langkah Ke-5

Langkah Ke-6

Langkah Ke-7

Langkah Ke-8

Langkah Ke-9

Langkah Ke-10

Langkah Ke-11

Langkah Ke-12

Langkah Ke-13

Ini alamat untuk mendownload aplikasi tersebut: http://humas.upi.edu/upi-tv/
Tampilan di depan seperti ini


Untuk tayang, kita bisa kita meliput dan merekam kemudian mengirimkan file rekaman jika tidak memungkinkan dengan siaran live semua atau  bisa disiasati dengan siaran tunda. Ada 2 chanel TVUPI 1 atau TVUPI 2. Kegiatan rekaman bisa pakai HP sendiri tanpa perlu ada kameramen yang datang. Di HP bisa sebagai 3 kameramen, nara sumber atau sebagai narator atau sebagai director. 


Tampilan di laptop


Berikut adalah contoh tayangan TVUPI



Refleksi

Sebenarnya siang ini masih penasaran bagaimana caranya, tetapi tidak memungkinkan untuk dilanjutkan kembali pelatihan siang ini. Paling tidak wawasanku terbuka bahwa kita pun bisa membuat siaran televisi. 

Beberapa tahun lalu ada stasiun TV nasional atau swasta yaitu Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) yang fokus pada tayangan pendidikan, tapi saat ini sudah tidak ada. Mungkin ini waktunya pendidikan kembali berkiprah di dunia maya dengan berbagai teknologi yang saat ini bisa dipakai dan sudah tersedia. 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar