Selasa, 12 Mei 2020

Virtual Meeting melalui Webex

 Foto diambil dari: https://selular.id/2020/03/cisco-beri-webex-gratis-selama-pandemi-covid-19/


Seperti biasanya, jam 12 WAG akan ditutup untuk persiapan pertemuan siang antara jam 13.00 – 15.00. Di tengah-tengah segala kesibukanku sebagai kepala sekolah, aku menyempatkan diri buat belajar. Meskipun agak “keponthal-ponthal” karena target pekerjaan yang juga cukup banyak, koordinasi yang harus terus berjalan, dan memantau pembelajaran setiap hari. Kadang satu sisi saya mendengarkan, sambil mengerjakan pekerjaan lainnya, juga mencatat hal yang menurut saya penting untuk saya lanjutkan nantinya dalam bentuk tulisan resume atau tulisan lainnya.

11 Mei 2020 adalah pertemuan saya yang ke-11, saya belajar tentang Cisco Webex untuk pembelajaran jarak jauh, dimana guru menjadi hostnya. 

Pembicara atau narasumber adalah Bapak Eka Septian Singgih dan salah satu staf dari PT. Shakta Vidia Solusi yang juga menjadi host yaitu Kartika Paramita.


Saya sudah beberapa kali mengikuti meeting menggunakan Cisco Webex, bukan menjadi host tapi menjadi peserta. Jadi saya sudah sedikit familiar juga menggunakan aplikasi ini, karena tidak jauh berbeda juga saat menggunakan  Zoom Cloud Meeting memang lebih populer digunakan.

Cisco Webex adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang mengembangkan dan menjual aplikasi konferensi web dan konferensi video. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2007, setelah Cisco Systems mengakuisisi Webex. Kantor perusahaan ini berada di Milpitas, California.

Materi disampaikan oleh Bapak  Eka Septian Singgih sebagai pembicara utama. Pak Eka mengupas cara mengunakan Cisco Webex secara rinci dan runut cuma sayang karena posisi beliau masih dalam perjalanan dan menyetir mobil, sehingga suara beliau kurang jelas terdengar. Suara kemarin selama mengikuti perkuliahan juga terputus-putus.

Kelebihan Cisco WebEx di antaranya:

1.   Jumlah meeting yang tidak terbatas

2.   Kapasitas 100 orang di setiap meeting

3.   Tidak ada limit durasi selama meeting

4.   Support Webex Teams

5.   Unlimited messages

6.   1 GB cloud storage

Apapun aplikasinya kita harus pastikan bahwa sinyal internet kita stabil, artinya jika sinyal wifi kita kuat maka akan membuat meeting berjalan lancar. Untuk menjadi host, kita download dulu Cisco Webex, lalu daftarkan akun kita. Setelah itu kita bisa setting dari judul pertemuan, waktu dan bahkan pesertanya. Host hanya bisa 1 orang, tetapi bisa dialihkan ke orang lain. Untuk peserta yang bisa mengikuti juga bisa diundang.

Webex ini ada yang gratis, bahkan selama pandemi Corona ini digratiskan sampai dengan bulan Juli 2020, tapi ada juga yang berbayar. Untuk setiap sekolah hanya dikenakan biaya 4 dolar per bulan dengan peserta meeting bisa sampai 100 orang. Tidak terlalu mahal sebenarnya. Hanya saat ini sudah ada aplikasi lainnya yang digunakan. Kalo meminta siswa download lagi belum tentu kapasitas HP mereka cukup. Cisco Webex bisa menggunakan HP atau juga bisa menggunakan laptop.

Refleksi

Kehadiran seorang guru di dalam kelas sangatlah dibutuhkan anak-anak. Di tengah-tengah pandemi ini, tidak mudah bagi guru mengkomunikasikan pembelajaran di kelas dengan virtual meeting. Bukan tentang alat tapi touch antara guru dan siswa tetap dibutuhkan. Karena di kelas guru sebagai pengajar dan pendidik. Tatapan mata, suara, gesture guru sangatlah berarti. Untuk itulah peranan guru tidak selalu bisa digantikan dengan teknologi. Teknologi memang sangat membantu dalam rangka PJJ ini. Teknologi adalah sebuah sarana dan media. Mari kita gunakan teknologi dengan sebaik-baiknya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar